Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Saran Satgas Covid-19 Setelah Bepergian di Masa Pandemi

Saran Satgas Covid-19 Setelah Bepergian di Masa Pandemi
Foto : Kemenkes

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia memberikan sejumlah tips agar terhindar dari paparan virus Corona meski harus bepergian ke luar rumah. Pasalnya, meski situasi pandemi Covid-19, masyarakat mungkin harus dituntut untuk beraktivitas di luar rumah, seperti membeli barang kebutuhan pokok, bekerja, berolahraga, maupun hal lainnya.

Aktivitas di luar ruangan yang bertemu dengan banyak orang tentu memiliki risiko terpapar Covid-19. Dikutip dari akun instagramnya, Satgas Covid-19 Indonesia mengungkapkan ada empat tips ketika pulang ke rumah.

Pertama, lepaskan benda apapun yang mungkin dilepas di luar rumah. Kalau memungkinkan, semprotlah dengan disinfektan.

Kedua, setelah masuk ke dalam rumah, segera cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Ketiga, segeralah cuci dengan bersih pakaian dan masker yang baru saja digunakan bepergian.

Keempat, bergegaslah untuk mandi dengan bersih dan keramas.

“Sayangi keluarga di rumah, mari putus mata rantai Covid-19 dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat diluar rumah. Ayo bersama, putuskan rantai penyebaran Covid-19,” tulis Satgas Covid-19 pada akun instragramnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Sumber : Tribunnews